Yii FrameworkYii takuuuuut??? atau yii, bukan aku lho yang nulis!!! atau apa?
Yii adalah framework PHP dengan performa yang tinggi, baik untuk mengembangkan aplikasi Web 2.0. Yii membantu Pengembang Web untuk membangun aplikasi yang komplek dan memberikan ketepatan waktu.

Yii diucapkan sebagai Yee atau [ji:], dan merupakan acroynym untuk “Yes It Is! (Ya, benar)!”. Hal ini seringkali merupakan respon akurat, dan paling ringkas untuk menjawab pertanyaan dari mereka yang baru dengan Yii:
Apakah itu cepat? … Apakah itu aman? … Apakah profesional? … Apakah ini baik untuk proyek saya berikutnya? … Ya, benar!

Yii merupakan frame pengembangan aplikasi web yang gratis, dan open source ditulis dengan PHP5 yang meningkatkan kebersihan, perancangan yang bersih, dan mendorong pengembangan yang cepat. Ia bekerja untuk merampingkan pengembangan aplikasi Anda dan membantu untuk memastikan produk akhir yang sangat efisien, extensible, dan mudah  dipelihara.

Menjadikan kinerja luar biasa yang teroptimasi, Yii adalah pilihan yang sempurna untuk proyek segala ukuran. Bagaimanapun, Yii telah dibangun dengan sangat canggih (sophisticated), dengan mengingat/memperhatikan aplikasi-aplikasi enterprise. Anda memiliki kontrol penuh atas konfigurasi dari awal sampai akhir-(presentasi-ke-kegigihan) untuk memenuhi pedoman pengembangan enterprise  Anda. Yii muncul dikemas dengan alat untuk membantu menguji dan debug aplikasi Anda, dan memiliki dokumentasi yang jelas dan komprehensif.

Sejarah

Yii merupakangagasan pendirinya, Qiang Xue, yang memulai proyek Yii pada tanggal 1 Januari 2008. Qiang sebelumnya dikembangkan dan dipelihara dengan kerangka Prado. Tahun-tahun pengalaman yang diperoleh dan pengembang umpan balik yang dikumpulkan dari proyek yang dipadatkan kebutuhan untuk kerangka yang sangat cepat, aman dan profesional yang dibuat khusus untuk memenuhi harapan pengembangan aplikasi Web 2.0. Pada tanggal 3 Desember 2008, setelah pembangunan hampir satu tahun, Yii 1.0 secara resmi dirilis ke publik.

Yii memiliki pengukuran kinerja yang sangat mengesankan jika dibandingkan dengan framework PHP lainnya, framework ini segera menarik perhatian yang sangat positif dan popularitas dan adopsi terus tumbuh pada tingkat yang semakin meningkat.

Kredit

Yii menggabungkan banyak ide dan bekerja dari framework dan aplikasi pemrograman PHP terkenal lainnya. Berikut adalah daftar singkat \dari mana Yii mendapatkan inspirasi.

Prado: This is the major source of ideas for Yii. Yii adopts its component-based and event-driven programming paradigm, database abstraction layers, modular application architecture, internationalization and localization, and many of its other features and patterns.
Ruby on Rails: Yii inherits its spirit of convention over configuration. Yii also referenced its implementation of the active record design pattern for its ORM layer.
jQuery: This is integrated in Yii as the foundational JavaScript framework.
Symfony: Yii referenced its filter design and plug-in architecture.
Joomla: Yii referenced its modular design and message translation scheme.